Laman

Selasa, 11 Juli 2017

TRIPURUSA ADALAH BRAHMA WISNU DAN ISWARA.



Oleh : Dr.  I Nyoman Guli Mudiarcana



Yang disebut Tri Purusa adalah Brahma, Wisnu dan Iswara (Siwa).
Dalam tulisan yang diperkenalkan oleh Danghyang Niurartha Triputusa adalah Siwa paramasiwa dan Sadasiwa>>>Tripurusa ini mendekati TRINITAS nya agama Kristen

Yang disebut Tripurusa adalah :  Brahma Wisnu dan Iswara seperti  mantram berikut ini :
OM BRAHMÀ WISNU ISWARA DEWAM,
TRIPURUSA SUDDHÀTMAKAM,
TRIDEWA TRIMURTI LOKAM,
SARWA WIGHNA WINASANAM

Artinya :
Hyang Widdhi, dalam kuasa-Mu sebagai Brahma, Wisnu, Iswara,                                                                 Tripurusa yang mensucikan Jiwa ,                                                                                                                 Tiga Dewa yang berstana sebagaiTrimurti,                                                                                            Semoga segala bencana dimusnahkan 


Mantra diatas biasanya dilantunkan kalau kita melakukan permujaan  di Pura Pemerajan/Kamimitan rong tiga,paibon, padharman, atau dadia.

Dalam berbagai tulisan yang hadir  belakangan,  terutama sejak Danghyang Nirartha diangkat sebagai bhagawanta kerajaan di Gelgel, mucul TRIPURUSA yang lain yaitu Siwa, Paramasiwa dan Sadasiwa yang bersifat hierarkis vertikal. TRIPURUSA yang Hierarkis/vertikal menyerypai ajaran TRINITAS nya agama Kristen yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus.

Doktrin Kristen atau Kristiani tentang Tritunggal atau Trinitas (kata Latin yang secara harfiah berarti "tiga serangkai", dari kata trinus, "rangkap tiga") menyatakan bahwa Tuhan adalah tiga pribadi atau hipostasis  yang sehakikat (konsubstansial)—Bapa, Putra (Yesus Kristus), dan Roh Kudus—sebagai "satu Tuhan  dalam tiga Pribadi Ilahi". Ketiga pribadi ini berbeda, namun merupakan satu "substansi, esensi, atau kodrat" (homoousios). Dalam konteks ini, "kodrat" adalah apa Dia, sedangkan "pribadi" adalah siapa Dia” .


TRIPURUSA menurut Danghyang Nirartha adalah satu pribadi Tuhan dalam tiga aspek yang hierarkis/vertikal, yaitu Siwa, Paramasiwa dan Sadasiwa. Ajaran Tripurusa Danghyang Nirartha menyerupai ajaran TRINITAS agama Kristen.

Sedangkan TRIPURUSA dalam mantra Weda yang diasa dipakai untuk pemujaan di sanggah Rong Tiga, Pemerajan, Paibon atau Pedarman adalah Brahma Wisnu dan Iswara, yang disebut juga Trimurti.
TRIPURUSA dalam mantra Weda adalah TRIMURTI itu sendiri yang merupakan  3 (tiga)  pribadi Tuhan dalam aspek yang sejajar/Horisontal, sebagai Pencipta, Pemelihara dan mem Prelina.


**** Jadi Kesimpulannya :

TRIPURUSA = TRIMURTI yaitu Brahma Wisnu dan Iswara

Seperti mantram berikut :

OM BRAHMÀ WISNU ISWARA DEWAM,
TRIPURUSA SUDDHÀTMAKAM,
TRIDEWA TRIMURTI LOKAM,
SARWA WIGHNA WINASANAM

Artinya :
Hyang Widdhi, dalam kuasa-Mu sebagai Brahma, Wisnu, Iswara,                                                   Tripurusa yang mensucikan Jiwa ,                                                                                             
Tiga Dewa yang berstana sebagai Trimurti,                                                                                    
Semoga  segala bencana dimusnahkan.


@@@@@
AYO BERDISKUSI secar BAIK dan ILMIAH bersadarkan sumber Bacaan/Lontar/sastra lainnya untuk mencari dan mendekati kebenaran >>> tanpa Menghujat.


BACA JUGA : 


ILMU SOSIAL



ILMU PSIKOLOGI



TENTANG HINDU










SEJARAH





BABAD






Tidak ada komentar: