Laman

Jumat, 08 Februari 2013

AGAMA YANG BENAR : AGAMA HINDU


oleh : Guli mudiarcana

Agama Hindu merupakan agama yang benar. Weda, Kitab suci agama Hindu berasal dari Hyang Widdhi/Tuhan Yang Maha Esa,  Seperti dikatakan sendiri oleh beliau dalam Bagawad Gita. XV.15  Weda ntakrid wedawid ewa ca ‘ham/ Akulah pencipta weda dan Aku yang mengetahui isi weda.  Kitab Weda disebut juga  sastrawiddhi atau sastra brahman karena berasal dari Hyang Widdhi/Brahman/Tuhan YME.

Mereka yang mencela dan menyimpangkan kitab Weda, dan tidak mengikuti ajaran Weda adalah orang-orang bodoh  yang tidak tahu jalan kebenaran dan kehilangan kesempatan untuk mengetahui kebenaran abadi.

Sri Krisna dalam Bagawad Gita III.32 bersabda :Ye twetad abhyasuyanto na’nutisthanti me matam, sarwa jnana wimudhamstan, widdhi nastan acetasah yang artinya : Mereka yang mencela atau menyimpangkan ajaran-Ku dan tidak mengikuti ajaran-Ku, sesungguhnya mereka kehilangan semua pengetahuan (menjadi bodoh dan dungu) dan kehilangan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (Widdhi nastanacetahsah).

Sedangkan mereka yang selalu mengikuti ajaran Weda dan selalu melaksanakan perintah-perintah kitab Weda dengan penuh keyakinan dan bebas dari kepentingan duniawi akan dibebaskan dari perputaran karma (dibebaskan dari Hukum Karma dan Reinkarnasi) (BG.III.31)

Mereka yang meninggalkan Weda (Yah sastrawiddhimUtsrijya), karena dipengaruhi oleh nafsu duniawi, tidak akan pernah bisa mencapai kesempurnaan, kebahagiaan dan tidak pernah bisa mencapai Sorga atau Moksa /tujuan tertinggi (BG.XVI.23)

Mereka yang dikendalikan oleh nafsu karena pengetahuannya yang salah/keliru, pergi ketempat pemujaan dewa-dewa lain ( selain dewa-dewa Hindu=pergi ke agama lain meninggalkan agama Hindu. Red. ), mereka berpengang pada aturan menurut cara-cara mereka sendiri (BG. VII.20). meninggalkan agama Hindu, agamanya Hyang Widdhi dan mencari Tuhan lain selain Tuhannya Agama Hindu.

Dengan harapan yang sia-sia, perbuatan yang sia-sia, pengetahuan yang sia-sia dan tanpa kesadaran, mereka mengikuti jalan keliru oleh pengaruh jahat Raksasa dan Setan (Asura)  yang menyesatkannya (BG.IX.12)

Dengan selalu mengagung-agung-kan nama-nama Hyang Widdhi, berusaha dengan teguh memegang sumpah, sujud kepada Hyang Widdhi dalam pengabdian dan disiplin jiwa, ber-bhakti kepada Hyang Widdhi. Yang berjiwa mulia, memiliki sifat suci, mengetahui Hyang Widdhi yang tak termusnahkan sebagai sumber segala mahluk, selalu sujud ber-bhakti kepada Hyang Widdhi dengan memusatkan pikiran.(BG.14 & 13)

Dengan selalu melaksanakan Yadnya, ber-Danapunia, mengendalian diri (Tapa) tarhadap pikiran, perkataan, perbuatan, serta mengendalikan diri terhadap makan, minum dan nafsu seksual, serta ber-perilaku (Karma) yang baik, untuk mensucikan diri dan melukat/meruwat segala kesialan/mala, hendaknya harus selalu dilakukan dan jangan ditinggalkan oleh umat Hindu. Seperti sabda Sri Krisna dalam Bagawad Gita XVIII.5 berikut :

Yajna dana tapah karma na tyajyam karyam ewa tat, yajna danam tapas cai’wa pawanani manisinam

Beryadnya, berdanapunia/sedekah, tapabrata dan berperilaku yang baik, jangan diabaikan melaikan harus dilakukan, sebab dengan beryadnya, berdanapunia dan tapa adalah pensuci bagi orang arif bijaksana  

Dengan berpegang teguh pada ajaran Weda dan selalu berbakti kepada Hyang Widdhi, dan melaksanakan semua perintah Hyang Widdhi, maka  apa yang kita belum punya akan dipenuhi oleh-Nya dan apa yang kita sudah punya akan di jaga oleh-Nya. Seperti janji Hyang Widdhi dalam Bagawad Gita IX.22 berikut :

Ananyas cintayanto mam ye janah paryupasate, tesam nityabhiyuktanam yogasemam wahamy aham

Mereka yang selalu memuja-Ku, merenungkan Aku selalu, kepada mereka akan Aku bawakan segala apa yang mereka belum punya, dan Aku lindungi segala apa yang mereka telah miliki.
  
Bukti-bukti bahwa kitab weda adalah adalah kitab yang benar                               
Mantra-mantra/sloka-sloka dibuktikan sesuai dengan Ilmu pengetahuan diantaranya :

1.      Yayur Veda III.6  mengatakan : Bumi berputar mengelilingi matahari, bukan Matahari yang berputar mengeliligi Bumi
2.       RgVeda X.89.4. mengatakan : Langit dan Bumi bertumpu pada porosnya dan berputar pada porosnya seperti sebuah roda
3.      AtharwaVeda XII.I.37.  mengatakan : Bumi bergerak dan bergetar, Bumi bergerak karena api dibagian dalam perut Bumi

Dari bukti-bukti tersebut maka dapat dipastikan; penulis Kitab Weda, kitab sucinya  Agama Hindu pasti maha kuasa, maha mengetahui, karena mampu melihat alam semesta beserta penghuninya dari penglihatan  dan pengetahuan yang luar biasa.  Sehingga Bumi kelihatan Bundar, Bumi berputar mengelilingi Matahari.

Penulis kitab Weda  tidak melihat  Bumi dihamparkan, gunung-gunung  ditancapkan untuk menyanga Bumi supaya tidak pernah bergoyang untuk selamanya.  Dan tidak melihat matahari beredar/berputar mengelilingi garis edarnya atau orbitnya mengelilingi Bumi sehingga menciptakan siang dan malam.

Penulis kitab Weda memperuntukkan kitab Weda untuk seluruh mahluk di alam semesta. Bukan hanya untuk manusia di katulistiwa, karena orang eksimo yaitu manusia yang tinggal dekat dengan kutub, tidak pernah melihat siang dan malam, mereka hanya melihat sore saja sepanjang hidupnya. Didaerah kutub matahari tidak pernah terbit dan tidak pernah tenggelam.

Columbus ingin membuktikan kebenaran sabda kitab Weda yang mengatakan bahwa bumi ini bulat, tidak ada ujung bumi.  Karena kitab Weda berasal dari tanah India, maka Columbus ingin mencari India dengan berlayar ke arah Barat dari daratan Eropa, sekaligus ingin membuktikan kebenaran kitab sucinya orang India yaitu Weda. Columbus tiba disebuah pulau yang dikiranya sudah sampai di India dan penduduk pulau tersebut (kemudian disebut Benua Amerika) disebut dengan sebutan Indian. Karena Columbus mengira sudah sampai ditanah India. 

Kitab Weda telah menginspirasi umat manusia untuk membuktikan kebenarannya. Telah banyak Ilmuwan yang memperoleh hadiah Nobel karena terinspirasi dari membaca kitab Weda.diantaranya :

Pertama :Hukum Kekekalan Energi yang diformulasikan oleh James Prescott Joule, seorang ahli fisika berkebangsaan Inggris yang namanya diabadikan menjadi satuan energi, terinspirasi oleh hukum reinkarnasi nya Weda. Hukum kekekalan Energi Youle berbunyi sebagai berikut :

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya”.

Sedangkan Hukum reinkarnasi yang tertulis di kitab Bagawad Gita, yang turun di medan perang Kurusetra tahun 3138 SM dan dicatat oleh Maharsi Wiyasa mengatakan sebagai berikut :

1.      Apa yang tidak ada tidak akan pernah ada, dan apa yang ada tidak akan berhenti ada.keduanya telah dimengerti oleh mereka yang mampu melihat hakekat pertama (BG.II.16)

2.      Demikian juga tidak pernah ada saat dimana Aku, Engkau dan para pemimpin ini tidak ada, dan tidak akan ada saat dimana kita akan berhenti ada sekalipun sesudah mati (BG.II.12)

3.      Ini tidak pernah lahir pun tidak pernah mati atau setelah ada tidak akan berhenti ada, ini tidak dilahirkan, kekal, abadi yang sejak dahulu Dia tidak mati pada saat badan jasmani ini mati (BG.II.20)

Hukum kekekalan energi dan hukum reinkarnasi setuju bahwa zat atau materi itu tidak pernah musnah, melainkan hanya berubah, dari satu materi ke materi lain atau dari energi ke materi lain, atau dari materi ke energi lain, atau dari energi ke energi lain.

Demikian juga halnya dengan kehidupan manusia dan mahluk lainnya,  manusia dan mahluk lainnya tidak akan pernah musnah melainkan hanya berubah.

Kedua : Tiga struktur kepribadiannya Sigmund Freud yang terdiri dari Id, Ego dan Super Ego yang membentuk tipe-tipe kepribadian manusia terinspirasi oleh ajaran Triguna dalam Weda yaitu Sattwam Rajas dan Tamas (baca 4 tipe kepribadian menurut Weda oleh Guli Mudiarcana)

Ketiga : Copernikus mengatakan bahwa Bumi berputar, bukan matahari yang berputar terinspirasi oleh Yayur Veda III.6 yang mengatakan :  Bumi berbintik bintik dan bertempat tinggal dilangit. Bumi berputar mengitari Matahari yang bagaikan Ayah

Ke empat : Para Nabi besar agama-agama yang ada saat ini, dijaman dahulu mempunyai kebiasaan melakukan meditasi/bertahanut/bertafakur, seperti misalnya : Sidarta Gautama, Zoroaster dan yang lainnya,  dengan mendapat infirasi dari  para maharesi penerima wahyu weda dijaman dahulu yang suka bermeditasi /bertafakur/ bertahanut/bertapa di hutan-hutan atau goa-goa di lereng-lereng pegunungan Himalaya dan tepi sungai Gangga.

Tuhan Agama Hindu sangat pengasih dan penyayang

Bahwa Tuhan Agama Weda yaitu Hyang Widdhi tidak pernah cemburu, maupun iri hati kepada umat Manusia seperti kata dalam Bagawad Gita IX.29 sebagai berikut :

Aku tidak pernah iri dan selalu adil terhadap semua mahluk. BagiKu tidak ada yang paling Aku benci dan tidak ada yang paling Aku kasihi. Tetapi yang selalu berbakti kepadaKu, dia akan berada padaKu dan Aku selalu bersamanya.

Bahwa Tuhan Agama Weda sangat toleran dan membebaskan umat manusia untuk memilih jalan menuju kepadaNya seperti kata Bagawan Gita IV.11 berikut :

Apapun jalan yang ditempuh manusia menuju kearahKu, akan Aku terima sama. Manusia menuju kearahKu dengan berbagai jalan.


Tuhan Agama Hindu hanya Satu, tetapi orang-orang pintar menyebut dengan berbagai nama

Bahwa Tuhan Agama Weda hanya Satu, Manusia yang menyebut Banyak seperti mantra RgVeda  I.64.46 berikut : Ekam sadvipra bahuda vadanti artinya Hanya satu Tuhan,orang pintar menyebut dengan banyak nama

Tuhan yang hanya satu juga dipertegas dalam kitab sutasoma yang ditulis oleh Mpu Tantular, seorang rohaniawan Hindu pada masa kerajaan Majapahit (abad 14-15)   dengan sasanti :      Bineka Tunggal Ika tan Hana Dharma mangrua” artinya Meskipun berbeda-beda, tetap satu, tidak ada kebenaran  dua.


Jadi pantaslah kalau agama Weda disebut Sanata Dharma, kebenarannya abadi



ARTIKEL TERKAIT LAINNYA :


ILMU SOSIAL



ILMU PSIKOLOGI



TENTANG HINDU





BABAD









38 komentar:

Anonim mengatakan...

KEISTIMEWAAN YANG ADA DALAM, KITAB SUCI AL QURAN LEBIH BANYAK, al :


1. 1. Keseimbangan jumlah kata dengan antonimnya, contohnya
• Al-hayy ( hidup ) dan al-mawt (mati ) masing masing sebanyak 145 kali;
• An-naf ( manfaat ) dan al-madharah (madharat ) masing-masing sebanyak 50 kali;
• Al-har (panas) dan al-bard (dingin) , masing-masing sebanyak 4 kali;
• Ash-shalihat ( kebajikan ) dan al-sayyi’at (keburukan ) masing-masing sebanyak 167 kali;
• Al-rabh (cdemas/takut ) dan raghbah (harap/ingin ) masing-masing sebanyak 8 kali.

1. 2. Keseimbangan jumlah kata dengan sinonimnya, contohnya
• Al-hartsdan al-zira’ah (membajak/bertani ) masing-masing 14 kali
• Al-ushb dan al-dhurur (membanggakan diri/angkuh ) masing-masing sebanyak 27 kali;
• Al-dhallun dan mawta ( orang sesat/mati jiwanya ) masing-masing sebanyak 17 kali;
• Al-Qur’an , al wahy dan al-Islam masing-masing sebanyak 70 kali;
• Al-‘aql dan al-nur ( akal dan cahaya ) masing-masing sebanyak 49 kali;
• Al-fahr dan al-‘alaniyah ( nyata ), masing-masing sebanyak 16 kali.

1. 3. Keseimbangan jumlah antara suatu kata dengan kata lain yang menunjuk pada akibatnya , contohnya
• Al-infaq (infak ) dengan al-ridha (kerelaan ) masing-masing sebanyak 73 kali;
• Al-bukhl ( kekikiran ) dan al-khasarah ( penyesalan ), masing-masing sebanyak 12 kali;
• Al-kafirun (orang-orang kafir ) dengan al-al-nar/al-ahraq (neraka/pembakaran ) masing-masing sebanyak 154 kali;
• Al-zakah ( zakat/penyucian ) dengan barakah (kebajikan ) masing-masing sebanyak 32 kali;
• Al-fasyah ( kekejian ) dengan al-ghadhab ( murka ) masing-masing sebanyak 26 kali.

1. 4. Keseimbangan antara jumlah kata dengan kata penyebabnya, contohnya
• Al-isyraf ( pemborosan ) dengan al-sur’ah ( ketergesa-gesaan ), masing-masing sebanyak 23 kali;
• Al-maw’izhah ( nasihat/petuah ) dengan al-lisan (lidah ), masing-masing sebanyak 25 kali;
• Al-asra ( tawanan ) dengan al-harb ( perang ), masing-masing sebanyak 6 kali;
• Al-salam ( kedamaian ) dengan al-thayyibah ( kebajikan ), masing-masing sebanyak 60 kali.

1. 5. Keseimbangan lainnya yang bersifat khusus, contohnya
• Kata yawm (hari ) dalam bentuk tunggal ada sebanyak 365, sesuai dengan jumlah hari dalam setahun . Sedangkan kata ayyam ( hari dalam bentuk jamak ) , atau yaummayni ( bentuk mutsanna ), jumlah pemakaiannya hanya 30, sama dengan jumlah hari dalam sebulan. Disisi lain kata yang berarti “ bulan “ (syahr ) hanya terdapat sebanyak 12 kali sama dengan jumlah bulan dalam setahun.

• Kata-kata yang menunjuk pada utusan Tuhan, yakni rasul, nabiy, basyir, nadzir, keseluruhannya berjumlah 518. Jumlah ini seimbang dengan jumlah penyebutan nama-nama nabi-rasul pembawa berita ajaran keagamaan, yakni sebanyak 518.


DAN MASIH BANYAKLAGI YG TIDAK MUAT DIUNGKAPKAN DALAM RUANG YG SEMPIT INI. SEMOGA BERGUNA, TKS

Anonim mengatakan...

Dalam Agama Islam Tuhan hanya satu tetapi namanya ada 99 itulah Asma'ul Husna (y)

Anonim mengatakan...

dlm surat yassin, anabya,al faathir disebutkan matahari berputar menurut garis edarnya/orbitnya, bertentangan dengan ilmu pengetahuan.
Bumi dihamparkan gunung ditancapkan bertentangan dengan ilmu pengetahuan yg mengatakan bahwa bumi ini bulat dan selalu bergetar

Anonim mengatakan...

Dalam Al Quran dikatakan Bumi dihamparkan, langit dibentangkan, gung2 ditancapkan spy bumi tdk bergerak untuk selamanya.
Aurat Yasin 38-40, An, Abiya, Al Faahir mengatakan Matahari berputar menurut garis Orbitnya.

Surat lain menyebutkan Siang Dan malam akibat matahari berputar, terus bagaimana dg Manusia di Kutub (Orang Eksimo) mereka tdk pernah mengenal siang dan malam, mereka orang Eksimo hanya mengenal sore saja sepanjang Hindupnya, berarti Kitab Al. Quran hanya diperuntukkan bagi manusia yg tinggal di katulistiwa saja

wahyu nie mengatakan...

Jngn mencari agama mana yg benar-benar benar, krn semua agama pasti menganggap ini benar dan itu benar,,,,
Carilah kebenaranny dan yakini,,,
Jngn mau d kekang krn dogma2 yg blm ttntu benar

Deva Agung Putra Pratama mengatakan...

kayaknya tu orang islam sengaja komen disini, nyebarin info agama nya yang sama sekali tak berguna , orang islam kan suka berperang,demo,ricuh dan hal jahat lainnya.

Alex Jhon mengatakan...

Baca aja klu Kabah itu awalnya dr ajaran agama hindu,bnyk bukti kuat yg trdpt di dlm kotak kabah yg berisi lambang2 hindu...itu sengaja di hancurkan spya Kabah itu bkn Hindu.

Anonim mengatakan...

Apakah benar dlm agama islam itu angka 786 itu suci? jika benar tanya lah pada org yg lebih mengerti tentang agama islam, saya rasa tidak ada yg tau tentang makna angka 786 itu jika anda ingin tau baca lh artikel ini dari atas smpai bawa http://kesadaran-rasionalitas.blogspot.com/2012/03/ritual-islam-yang-mirip-dengan-hindu.html

TutD3 mengatakan...

Dengan membaca weda Pencerahan lah yang kita dapat, tapi dengan membaca kitab yang ngakunya paling sempurna.....eehhhh malah kebingungan yang didapat...buktinya banyak teroris....dan ujung2nya pasti mereka bilang salah menafsirkan isi kitabnya....
Kitab yg sempurna kok penapsirannya aja beda2...???

Anonim mengatakan...

http://m.youtube.com/watch?v=qKKhXX-I4MQ
Bukti kebenaran agama Hindu

Anonim mengatakan...

Bukti agama Hindu yang benar
http://m.youtube.com/watch?v=Nc0v7Sqnvms

Anonim mengatakan...

Matematika Weda
http://m.youtube.com/watch?v=Nc0v7Sqnvms

budi SRYAM pasupati mengatakan...

apapun itu...
kebenaran AGAMA terkandung pada Ucapan, Pikiran dan tindakan (prilaku) umatnya...

silahkan mengklaim kebenaran masing2... tp mari tunjukan kl agama yg kita yakini memberikan manfaat, bukan sebaliknya..

memaksakan kehendak, cemburu, iri, sombong dan berkata manis tapi fanatik, itu tanda kurang baik...

Anonim mengatakan...

hindu itu agama yang menarik untuk dipelajari,banyak hal yang tidak bisa ditemukan sesuatu dimanapun di dunia ini tetapi bisa ditemukan dan di pecahkan oleh weda dan inilah salah satu buktinya

http://agamahindu9.wordpress.com/tag/bukti-kebenaran-agama-hindu/

Anonim mengatakan...

Apa kalian bilang Al-Qur'an ngajarin teroris? ilmunya dangkal, gak tau apa2. AKU TANTANG KALIAN SEMUA BUKTIKAN KESESATAN AL-QUR'AN DGN ARAB DAN KOSAKATA ARABNYA DGN BENER !!! Org yg teroris notabene Islam itu gak tau ayat Al-Qur'an mereka asal jiplak. Iya, DIJELASKAN tentang siang dan malam bukan DIHARUSKAN ada siang dan malam. What? Ka'bah dulunya kuil. ngawur bro. Ka'bah itu dibangun sm Nabi Ibrahim AS dan dibuat berhala oleh masyarakat Arab. Oleh krn itu, Muhammad SAW meluruskan aqidah mereka dan menghancurkan patung2 berhala.

Anonim mengatakan...

oh, matahari ada orbitnya? bukan orbit bro, tapi mengedarkan. maksudnya banyak matahari (bintang) di dunia ini. Modal terjemahan, bisa apa kalian? Bahasa Arab aja gak paham, cm ngeliat artinya. Jiahhhh. Baca donk Arabnya !!!

Kadek Red mengatakan...

memang saatnya akan tiba.. lakukanlah yg benar bukan hanya baik saja.. maka kita bisa bersatu denganNya bukan hanya disamping/sisiNya

Kadek Red mengatakan...

gak Ada yang sesat... hanya penipuan bermoduskan agama!! Tuhan Ada dimana-mana termasuk di dalam diri kita! semua tergantung kita menempatkannya dimana.. kalo boleh dekat mengapa harus jauh? gitu aj kok repot....

Anonim mengatakan...

Kenikmatan surgawi dgn para bidadari yg selalu perawan meski dipakai berkali2 apakah suatu kebenaran atau hal yg menyeaatkan? Didunia sll ingin memerangi kemaksiatan tapi ujung2nya tujuan akhirnya jg sama aja dgn kemaksiatan yaitu kenikmatan sex yg tanpa batas

Anonim mengatakan...

Kebenaran agama itu bisa kita amati dari sejarah perkembangannya, apakah banyak menimbulkan konflik dan kekerasan yg mengatasnamakan agama mauoun tuhannya apa tidak, anti sains atau tidak,

mek na gan mek tah Ewgew mengatakan...

dalam kitab vidal menyatakan tuhan tidak seperti manusia
ajaran monotheise di dalam kitab vidal, antara lain adalah
Yajurveda Ch. 32 v.3 menyatakan bahwa tidak ada rupa bagi tuhan, dia tidak dilahirkan, dia berhak disembah.

ini lain yang dilakukan oleh penganut hindu yang menyebah tuhan yang menpunyai pelbagai rupa.
dan kitab ini menunjukkan agama islam adalah agama yg seberna krane adalah agama tauhid iaitu agama yang satu.

Anonim mengatakan...

mek na.

Satu Tuhan / tauhid yg anda maksud itu apa bro?? coba jelaskan sedetail-detailnya Tentang Tuhan Satu dlm ajaran agama anda.
Kalau cuma bilang Tuhan satu, maka aliran kepercayaan juga bilang begitu.

Unknown mengatakan...

Persetan dengan perselisihan agama. Yang ada malah nambah dosa nambah dosa karena saling menghujam! Lebih baik agan2 diam dan jalani aja menurut keyakinan masing2 . kalo perlu hapus ini thread. Sampah bikin debat global aja!

mahesa MP mengatakan...

apa tujuannya yg komen2 disni hanya untuk mebanding2kan dengan kepercayaan kalian? kalian hanya menebar kebencian, kalian sudah salah tafsir mengakui agama kalian paling benar, bahwa kalian sendiri yang mengatakan agama kalian paling indah dan benar tapi ujung2nya para pemeluknya yang merusak citra agamamu itu sendiri, kalian belum mendapat pencerahan, pemikiran kalian masih duniawi dan terikat karena mengakui agamamu saja paling benar, "kebenaran itu adalah satu tapi jalan untuk mencapainya beragam", itu kenapa Tuhan tidak menciptakan 1 agama saja, semua bersumber dariNya, ketika ajal tiba kita akan kembali kepadaNya sesuai dengan perbuatan kita di dunia materil ini, sekarang saya tanya pernahkah umat hindu ngomel2 di forum kalian bahwa agama hindu paling benar? tidak kan? kami semua cinta damai, "aku adalah kamu, kamu adalah aku", kita harus hidup berkesadaran jangan diperbudak oleh ego dan kebodohan, salam damai

sasi taran mengatakan...

Hindu agama pertama di dunia ini....hanya satu tuhan dan maha kuasa...yang itu ialah aum shiva....kalian nak bukti...buka kat youtube bunyi sebenar matahari....clearly the wave sound is aum....scientific cristian pun mengaku hindu adalah benar dan tiada tuhan lain selain agama hindu....tapi selalu org hindu tak suka ckp besar pasal agama kami....bcs kau org ckp buruk pasal agama hindupun...cakaplah.... kebenaran tiada boleh hapus....matahari berbunyi aum....itu satu bukti yang tidak boleh dihapuskan...itulah kekuasaan maha esa tuhan hindu....aum nama shivaya namaha

sasi taran mengatakan...

Hindu agama pertama di dunia ini....hanya satu tuhan dan maha kuasa...yang itu ialah aum shiva....kalian nak bukti...buka kat youtube bunyi sebenar matahari....clearly the wave sound is aum....scientific cristian pun mengaku hindu adalah benar dan tiada tuhan lain selain agama hindu....tapi selalu org hindu tak suka ckp besar pasal agama kami....bcs kau org ckp buruk pasal agama hindupun...cakaplah.... kebenaran tiada boleh hapus....matahari berbunyi aum....itu satu bukti yang tidak boleh dihapuskan...itulah kekuasaan maha esa tuhan hindu....aum nama shivaya namaha

Unknown mengatakan...

Perang koment, singkat aja simpel bagimu agamamu bagi ku agamaku. Tunjukkanlah agamamu itu benar smua agama benar tapi kebenaranya hanya al qur'an lah paling sempurna dari semua kitab d sempurnakan mnjadi al qur' anan dan kitab siapakah yg paling banyak ilmiahnya...

Anonim mengatakan...

Loh ini kan pencerahan tentang Hindu. Yng sampah itu orang yng malah bikin rusuh. Lu baca komen paling atas!!!

Anonim mengatakan...

Telor

Anonim mengatakan...

Telor

Anonim mengatakan...

yang selalu bilang semboyan " agamaku agamau agamau agamaku akagamu agamaakd.." justru paling doyan promosi dan jelekin agama lain. Yg selwelau bilang indah justru paling .. yg sellalu bilamg agam damaii justrksk l s sjj shj kkkk sk

Unknown mengatakan...

Kasian

Nyoe guns mengatakan...

Mungkin agamalain iri lihat hindu adem ayem damai krna umat hindu tidak pernah ikut campur urusan agama orang lain mungkin mereka ingin membandingkan tuhan mereka yg mempunyai seperti sifat manusai yg pembenci pemarah dan dan iri hati yg katanya disebut maha pengasih tapi maha penyayang kenyataannya terbalik 180derajat

Nyoe guns mengatakan...

Mungkin agamalain iri lihat hindu adem ayem damai krna umat hindu tidak pernah ikut campur urusan agama orang lain mungkin mereka ingin membandingkan tuhan mereka yg mempunyai seperti sifat manusai yg pembenci pemarah dan dan iri hati yg katanya disebut maha pengasih tapi maha penyayang kenyataannya terbalik 180derajat

Ary Drif mengatakan...

Jadi pengen cepet" kiamat... biar terbukti agama mana yg bener... hahahaha

Ary Drif mengatakan...

Jadi pengen cepet" kiamat... biar terbukti agama mana yg bener... hahahaha

Anonim mengatakan...

Kalo adem ayem trus muslim yg di India gmn ? Perkampungan muslim di bakar, bahkan sampai ada yg dibakar hidup2..
Yg muslim rohingya jg diusir.
Salah benar tergantung sudut pandang kita, jangan lihat hanya di satu sisi.
Kalau mau lihat kebenaran nanti kalau sdh kita meninggalkan dunia ini (wafat) jadi bisa kita liat siapa yg salah dan siapa yang benar ��

Erick eko mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.